Mengintip Besarnya Peluang Agribisnis, Khususnya Ayam Kampung
20 Jun 2019
(0 votes)

Mengintip Besarnya Peluang Agribisnis, Khususnya Ayam Kampung

Indonesia yang kita kenal sebagai negara agraris menyimpan banyak kekayaan potensial, yang dapat menumbuhkan beberapa sektor ekonomi dan menjadi peluang bisnis baru. Kebutuhan dasar akan protein dan ayam pedaging sebagai makanan penunjang bagi sebagian besar penduduk Indonesia membuat sebagian pebisnis menelisik usaha dibalik keuntungan berternak ayam pedaging. data statistik dari kemetrian perdagangan juga menunjukan terjadinya surplus terhadap kebutuhan pedaging yang menaikan nilai ekspor Indonesia.

Artinya ?, Ayam pedaging yang dihasilkan dari Indonesia mulai dilirik oleh beberapa negara karena telah menerapkan tingkat perawatan unggas yang berskala internasional. Dari segi presentase kebutuhan ayam ras memang lebih dominan dibanding ayam buras maupun persilangan, namun konsumen kini lebih pintar dengan mulai mencoba mengkonsumsi ayam buras yang pasokannya minim dibanding dengan kebutuhan pasar Indonesia.

Hal ini menjadi kesempatan baik bagi para pebisnis agribisnis, celah minimnya pasokan ayam buras dapat dijadikan momentum untuk memulai usaha agribisnis khususnya ayam kampung, terlebih data di tahun 2018 menunjukan peningkatan 80% kebutuhan ayam buras (kampung) diantaranya di kota Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta. 

Konsumen dari pasar indonesia juga lebih banyak segmentasi menengah keatas, pasar mulai memilih mengkonsumsi ayam buras karena tes laboratorium juga menunjukan tingkat nutrisi dari ayam buras ( kampung ) ini lebih menunjukan tingkat nutrisi lebih baik dibanding ayam ras.

Beberapa usaha peternakan bahkan menggandeng beberapa investor baik investor perorangan maupun investor besar untuk ikut bermitra menginvestasikan dananya membangun sebuah peternakan guna menggenjot produksi ayam kampung dengan menambah jumlah modal melalui dana investor tersebut. 
 

Simbiosis mutualisme antar keduanya juga menambah devisa bagi negara kita, dalam salah satu kesempatan saya melihat beberapa sektor agribisnis yang tumbuh melalui beberapa startup baru, mulai dari mekar.id , lalu beberapa peternakan di Jogja seperti Jogja Farm, Cakra Farm sepertinya mulai terbuka membuka kesempatan bagi para penanam modal untuk ikut berinvestasi dalam bidang agribisnis khususnya ayam kampung.

Program yang dicanangkan pemerintah untuk membagi 10 juta ayam bagi beberapa petani tidak ubahnya menjadi salah satu cara bagi para pengusaha peternakan untuk menggandeng mereka bersama, membangun beberapa usaha ternak yang dapat menghasilkan ayam bagi kaum menengah.

 

Sumber: https://www.kompasiana.com/cakrafarm1765/5b8e576faeebe1133e711a12/mengintip-besarnya-peluang-agribisnis-khususnya-berternak-ayam-kampung

Read 866 times
Dengan mesin berteknologi terbaru dan tenaga kerja yang terlatih, kami menawarkan kandang ayam yang berkualitas dengan harga terjangkau. Kami juga memproduksi barang-barang homeware seperti gantungan baju, rak sepatu, gantungan serbaguna, rak piring dan lain-lain.
Kawat Abadi